Latar Belakang

Latar Belakang

Universitas Pasundan (UNPAS) berdiri tanggal 14 Nopember 1960, keberadaan dan pengembangan tidak akan lepas dari tujuan dan cita-cita Paguyuban Pasundan, sebagai organisasi induk yang lahir tahun 1914. Sehingga esensi dan eksistensinya tidak terlepas garapan pengabdian Paguyuban Pasundan terutama dalam turut mencerdaskan kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Pada saat berdiri, UNPAS didukung oleh kehadiran dua fakultas, yakni fakultas Hukum (FH) dan Fakultas ilmu social dan Politik (FISIP). Fakultas Hukum terdiri dari atas dua jurusan : Hukum Perdata dan Hukum Pidana, sedangkan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari atas jurusan-jurusan : Administrasi Negara, Kesejahteraan Sosial, dan Hubungan Internasional. Mengingat kebutuhan massyarakat, selanjutnya dibuka jurusan baru pada dua fakultas tersebut, yakni jurusan Administrasi Niaga dan jurusan Ilmu Komunikasi di FISIP dan jurusan Hukum Tata Negara di FH. Namun berdasarkan keputusan Konsorsium Ilmu Hukum pada tahun 1993, jurusan-jurusan di FH ditiadakan.

Pada tahun 1961 dibuka fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi (FT) dengan jurusan Teknologi Makanan dan Teknik Produksi. Jurusan teknologi Makanan selanjutnya diubah menjadi jurusan Teknologi Pangan dan jurusan Teknik Produksi kemudian diubah menjadi jurusan Teknik dan Manajemen Industri. Pertengahan dasawarsa 70-an kembali dibuka fakultas baru, yakni Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FE sampai saat ini didukung oleh tiga jurusan yaitu : Jurusan Manajemen, Akuntansi, dan jurusan Ilmu Ekonomi Studi pembangunan ; sedangkan FKIP saat ini terdiri atas lima Program Studi, yaitu : PPKN, Matematika, dan Pendidikan Biologi.

Sejak berdiri sampai dengan saat ini di lingkungan Universitas Pasundan mempunyai Fakultas dan Jurusan/Program Studi/Program Kekhusuan sebagai berikut :

  1. Fakultas Hukum, dengan Program Ilmu Hukum terdiri dari Program Kekhususan Kepentingan Individu dan Masyarakat, Penegakan Hukum Pidana, Kebijakan Hukum dan Politik, Hukum Ekonomi Internasional.
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, terdiri atas Program Studi Administrasi Negara, Kesejahteraan Sosial, Hubungan Internasional, Administrasi Niaga, dan Ilmu Komunikasi.
  3. Fakultas Teknik, terdiri atas Program Studi Teknologi Pangan, Teknik dan Manajemen Industri, Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan dan Teknologi Planologi.
  4. Fakultas Ekonomi, terdiri atas Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan.
  5. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri atas Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  6. Fakultas Ilmu Seni, terdiri atas Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fotografi dan Film, Seni Musik, dan Sastra Inggris.
  7. Program magister terdiri atas Program Magister Ilmu Administrasi, Program Magister Manajemen, Program Magister Teknik dan Manajemen Industri, Program Magister Hukum, Program Magister Teknologi Pangan, Magsiter Ilmu Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Magister Telekomunikasi.
  8. Program Doktor (S3) yang terdiri dari Program Doktor Ilmu Manajemen Program Doktor Ilmu Sosial / BKU Ilmu Administrasi Publik dan Program Doktor Ilmu Hukum.

Kemajuan di bidang pengolahan akademik ditandai dengan diperolehnya status akreditasi dengan menempati 16 besar PTN/PTS di seluruh Indonesia dan di Jawa Barat Menempati posisi 2 besar PTS. Sedangkan jumlah mahasiswa dan Guru Besar, Unpas merupakan terbanyak se Kopertis Jabar dan Banten. Sesuai dengan tuntutan, maka sejak tahun akademik 1999/2000 dibuka Program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi dengan konsentrasi Kebijakan Publik dan Kebijakan Bisnis, pada tahun akademik 2000/2001 di buka pula Program Magister Manajemen (MM) dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia, pada tahun akademik 2001/2002 dibuka program Magister Teknik dan  Manajemen Industri dengan konsentrasi Sistem Logistik dan Manajemen Industri, dan pada tahun akademik 2003/2004 dibuka program Magister Hukum dan Program Magister Teknologi Pangan, tahun akademik 2007/2008 Program Studi PGSD FKIP dan Program Doktor Ilmu Sosial dan Ekonomi sudah menerima mahasiswa baru.

Untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara utuh dan terpadu, maka pada tahun 1978 dibentuk Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LAPPMA). Kemudian untuk menyesuaikan dengan ketentuan perundangan yang baru, maka pada tahun 1987 kedua lembaga itu dipisah menjadi Lembaga Penelitian (LEMLIT), Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM). Selanjutnya pada tahun yang bersamaan dibentuk pula Lembaga Kebudayaan (Lembud), yang mempunyai tugas pokok melestarikan dan mengembangkan budaya Sunda; Lembaga Pengkajian dan Pengembanna Syi’ar Islam (LPPSI), mempunyai tugas mengembangkan Syi’ar Islam. Pada tahun 2000 LPPSI dan Lembud digabung menjadi Lembaga Budaya Sunda dan Pengkajian Islam (LBSPI). Untuk meningkatkan pelayanan dan fokus pada bidangnya, maka pada tahun 2003 LBSPI dipecah kembali menjadi Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Syi’ar Islam (LPPSI) dan Lembaga Budaya Sunda (LBS).

Untuk membantu pelaksanaaan tugas pokok Universitas, khususnya tugas-tugas pengadministrasian maka dibentuk biro-biro yang ada, yakni : Biro Administrasi Akademik, Biro Administrasi Umum, Biro Administrasi Kemahasiswaan. Sejalan dengan meningkatnya beban kerja dan masalah yang dihadapi oleh Universitas Pasundan maka pada tahun 2005 dibentuk biro baru, yaitu Biro Administrasi Keuangan dan Pengembangan Sumber Dana. Untuk pengadministrasian ditingkat fakultas dilaksanakan dibagian tata usaha.

Selanjutnya pada tahun 2007 dibentuk Satuan Penjamin Mutu (SPM), Satuan Pengawas Internal (SPI), Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (P3AI), Satuan Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPTIK). Lembaga-lembaga yang dibentuk tersebut sebagai upaya Universitas Pasundan dalam meningkatkan kualitas dan dalam ruang lingkup nasional dan internasional.

Untuk mendukung penyelenggaraan program kemahasiswaan, telah dijalin hubungan kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan swasta, serta perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri, diantarnya : Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen Dalam Negeri, Lemhanas, BUMN, Kadin Jabar, Pemda Provinsi Jawa Barat dan beberapa Pemerintah Kota/Kabupaten di Propinsi Jawa Barat dan Banten. Sedangkan perguruan tinggi luar negeri, adalah: University of Bonn, University of Forzeim, Karlsruhe University (Jerman), Curtin University (Australia) dan Unversiti Kebangsaan Malaysia (UKM) serta PTN di Kota Bandung (ITB, UNPAD, UPI), untuk bidang seni dijalin kerjasama dengan dengan ISI Yogyakarta dan IKJ Jakarta. Disamping itu telah dijalin hubungan baik dengan beberapa perguruan tinggi di Perancis, Belgia, Thailand, Malaysia, Jerman dan Jepang. Dimana beberapa dosen Unpas menyelesaikan studi S-2 dan S-3. Mahasiswa Unpas bukan saja berasal dari 33 propinsi di Indonesia, tetapi mahasiswa luar negeri yang berasal dari Negara Republik Somalia, Thailand, Singapore, Turki, Korea Selatan, Timor Leste dan Malaysia. Sejak tahun 2006/2007 Unpas telah menerima mahasiswa Darmasiswa RI dari Negara Hungaria, Polandia dan Afrika Selatan. Unpas juga menjalin kerjasama akademik dengan Universitas Guang Zi, RRC untuk pertukaran mahasiswa.

Pengelolaan kegiatan Tridharma Perguruan tinggi, telah mencapai tingkat efisiensi internal yang baik, sebagian besar prodi dengan indikator 14 prodi telah terakreditasi peringkat “A” dari BAN PT Dirjen DIKTI.

Pengakuan dan kepercayaan masyarakat baik nasional dan internasional terhadap Unpas terus meningkat, dengan prestasi UNPAS menjadi 50 besar Perguruan Tinggi yang menjanjikan di tingkat nasional 2007 (50 Promising Indonesian University) dan 100 Perguruan Tinggi yang berbasis kesehatan organisasi dan daya asing bangsa.

Kepercayaan dari dunia internasional juga diberikan kepada Unpas yang dipercaya untuk melaksanakan The Community Empowermwnt. Sedangkan prestasi yang diraih mahasiswa Unpas di tingkat dunia adalah The Word Championship di Amerika Serikat dan The International Taekwondo gold medal in Championship Taekwondo in geon ju, South Korea.