UPT. Bimbingan dan Konseling UNPAS Tahun 2015-2016

UPT. Bimbingan dan Konseling UNPAS Tahun 2015-2016

Selamat datang para mahasiswa baru, dan mahasiswa lama Universitas Pasundan, selamat .

Belajar dengan semangat baru untuk meraih masa depan sesuai dengan cita-cita anakku. Untuk menjungjung tinggi nama baik diri dan keluarga.

Bagi mahasiswa baru . Selamat bagi anda yang telah berhasil memenangkan persaingan seleksi masuk UNPAS semata-mata untuk mengenal kampus kita Universitas Pasundan yang kita cintai.Masa belajar yang harus ditempuh , untuk menyelesaikan jenjang S1 , kurang lebih  144 SKS. Dapat diselesaikan 8 semester , bila kita belajar bersungguh-sungguh. Insyaallah.

Tekad kita untuk menyelesaikan studi dan bergelar Sarjana 1, tepat waktunya . Kita buktikan melalui keseriusan belajar tetapi santai, mengefektifkan waktu belajar  , dan mengatur waktu bersantai bersama teman seperjuangan sebagaimana kita belajar di SLTA dulu. Bila dihitung rata-rata, SKS selama 1 tahun 144 SKS : 4 tahun = 8 semester = 18 SKS/semester. Menyelesaikan tugas akhir dan lain-lain = 1 semester . Maka kuliah selesai dalam 9 semester diwisuda lulus S1.

Sedangkan bila kita start dengan niat full waktu belajar dan kesempatan istirahat di habiskan di perpustakaan maka IPK (Indek Prestasi Kumulatif) senilai 3,20 , maka kesempatan menempuh kuliah menjadi lebih leluasa semester 1,2,3,4,5,6,7 masing-masing 24 SKS.  Maka beban kuliah selesai dalam 7 semester , satu semester full untuk tugas akhir dan kesempatan SP (semester pendek) maka semester 8 semua sudah selesai dengan IPK diatas 3,00 .

Keuntungan yang diperoleh mahasiswa yang rajin maka ia bisa berhemat uang 1 semester, berhemat waktu untuk melanjutkan ke jenjang S2, atau memperdalam bahasa asing sebagai pelengkap ijazah S1 atau ilmu terapan lain yang didapat dalam waktu 1 semester. Peluang mendapat pekerjaan semakin terbuka dengan berbagai keterampilan baru.

Siapakah yang mempersiapkan masa depan ? tentu saja diri kita sendiri, maka aturlah waktu dengan seefisien mungkin, atur biaya sehemat mungkin kecuali untuk hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas akademik dan kesehatan tentu saja tidak bisa diirit .

Beberapa Penggoda BelajarEfektif di Kelas

  1. Ngobrol dengan teman tentang apa saja .
  2. Selalu tergoda untuk SMS dan BBM .
  3. Rindu rumah, kurang percaya diri, jauh dari orang tua .
  4. Kurang bisa bergaul karena merasa rendah diri .
  5. Kesediaan bergaul hanya dengan orang-orang yang selevel atau satu kesukuan .

Cara Mengatasi Hambatan Belajar di Kelas

  1. Biasakan disiplin belajar, ngobrol hanya di luar kelas .
  2. Matikan HP/ BB/android selama belajar .
  3. Buat suasana baru yang membetahkan diri.
  4. Carilah teman yang memiliki sifat senada dengan kita .
  5. Belajar bergaul dengan semua level dan semua suku bangsa termasuk beda agama .
  6. Meleburkan diri dengan kelompok yang lebih terbuka dan dikenal oleh umum .
  7. Biasakan mempercepat penyelesaian tugas dosen bersama kelompoknya, atau tepat waktu .
  8. Selalu berusaha menepati janji yang disepakati atau jangan sampai menghindari kesepakatan janji.
  9. Anggaplah diri ini sama dengan orang lain. Bila ternyata kita lebih pandai , berbagilah dengan teman yang membutuhkan, sehingga kita lebih mahir dari teman kita karena berbagi.
  10. Bila merasa kurang penglihatan, pendengaran, duduklah pada deret yang terdepan.

Berteman/Bersahabat/Punya Pacar

  1. Senantiasa bergabung dengan kelompoknya, dalam suka dan duka .
  2. Pada masa perkenalan di kampus, peliharalah pertemanan walau beda fakultas atau program studi .
  3. Sahabat, bersahabat bisa sesama lelaki, sesama perempuan untuk saling berbagi rahasia / curhat sehingga hati merasa lega .
  4. Dengan teman dan sahabat berbagi informasi tentang ilmu pengetahuan , saling memotivasi untuk kebaikan dan kesuksesan belajar, saling mengingatkan tentang sabar .
  5. Punya pacar, satu prodi, beda fakultas atau beda perguruan tinggi, hal itu dapat terjadi, sepanjang mematuhi rambu-rambu dan saling memajukan dalam belajar. Walaupun hak individu, kelompok selalu mengingatkan tentang norma dan etika.

Persyaratan Berteman, Bersahabat dan Punya Pacar

  1. Semua berkomitmen untuk sukses dalam belajar agar tercapai target keberhasilannya.
  2. Memelihara pertemanan untuk saling membantu, saling tolong menolong.
  3. Dalam bersahabat, kita dapat berbagi segala hal termasuk rahasia pribadi, tetapi soal yang paling pribadi hendaknya tetap dijaga .
  4. Dengan teman, sahabat dan pacar selalu bertukar informasi sehingga pengetahuan kita semakin banyak dan terus bertambah .
  5. Selama anda berpacaran harus mendalami karakter masing-masing, bila tidak cocok sebaiknya berteman saja.

Mengenal Dosen

  1. Seharusnya semua mahasiswa mengenal dosen / asisten dosen dengan baik, alamat dan hari kelahirannya, ucapkan selamat berulangtahun pada dosen kita disaat beliau mengajar.
  2. Mengenal lebih dekat karena ia dosen wali, mentor , perlakukan beliau dengan sopan santun, seperti kepada orang tua sendiri walaupun ia dosen muda.
  3. Bila kita telah mengenal karakternya, maka kita menyesuaikan dengan kepribadiannya.
  4. Kepada dosen wali akademik , kita bisa curhat tentang kesulitan belajar dan hambatan lainnya , bila ada waktu luang dan meminta kesediannya .
  5. Perkenalkan diri kita lebih dulu kepada dosen kita , secara garis besar, supaya beliau mengenal kita sebagai mahasiswanya.

Mengenal Staff Akademik

  1. Harus mengenal siapa saja yang membantu melayani urusan akademik, kemahasiswaan , keuangan dan lainnya yang kita butuhkan .
  2. Mengenal petugas yang melayani segala kebutuhan program studi dimana kita kuliah .
  3. Mengenal petugas laboratium , studio, perpustakaan dll agar mudah menghubungi .
  4. Mengenal dengan baik petugas yang mengelola sarana prasarana lembaga bilamana kita memerlukan.
  5. Mengenal para satpam , petugas kebersihan, petugas yang mengelola tempat peribadatan dan pengemudi yang melayani kebutuhan lembaga akademik, bila prodi kita memerlukan tahu siapa yang harus dihubungi.

Mengenal Pimpinan Terkait

  1. Kenalilah dosen kita yang menjadi pimpinan program studi, sekertaris prodi, UPT yang berkaitan dengan kita dan dosen wali akademik , tentu saja pimpinan tertinggi rektor UNPAS .
  2. Mengenal dosen yang menjadi Wakil Dekan II yang mengurus sarana prasarana dan keuangan yang menyangkut dispensasi yang berkaitan dengan kepentingan kesejahteraan dan aktifitas kemahasiswaan.
  3. Kepala Bagian Tata Usaha (KBTU) yang menyangkut rumah tangga fakultas .
  4. Mengenal Dekan sebagai pimpinan fakultas walaupun dia tidak mengajar di prodi kita .
  5. Para Wakil Rektor (Warek) Bidang I (akademis), Bidang II (sarana, prasara, uang dan barang) dan Bidang III (kemahasiswaan) .
  6. Pimpinan Perpustakaan, baik fakultas maupun universitas, untuk emudahkan akses peminjaman buku, jurnal, prosiding, yang kita butuhkan selama kuliah di UNPAS .
  7. Pimpinan Laboratorium / UPT yang berkait dengan keperluan mahasiswa , baik tempat maupun orangnya, harus kita kenali .
  8. Pimpinan Biro, dibawah Warek masing-masing , sebelum kita mencapai para Warek , kita berhubungan dan dilayani oleh Kepala Biro sebelum kepada para Kepala Bagian masing-masing .
  9. Kepala Lembaga Penelitian , Pengabdian Pada Masyarakat, yang berkaitan dengan Tridarma Perguruan Tinggi.
  10. UPT Bimbingan dan Konseling Tingkat Universitas , Fakultas melalui Dosen Wali yang berkaitan dengan pelayanan berbagai kesulitan/ problema mahasiswa dalam studinyadan kesulitan/ problema sosial yang dihadapi mahasiswa dalam kehidupan kampus .
  11. Pimpinan Lembaga Budaya Sunda , berkait penyaluran minat , bakat mahasiswa dalam bidang budaya Sunda, serta lembaga ini yag mengemban misi UNPAS .
  12. Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Syiar Islam , sebagai lembaga yag mengembangkan misi UNPAS , melalui lembaga ini DKM disemua mesjid UNPAS dibina syiar Islam dikembangkan dan bagi yang baru belajar Islam dimantapkan melalui mentoring di tiap DKM .

Untuk pelayanan kebutuhan para mahasiswa yang ingin berhubunga dengan pihak pimpinan terkait diatur dalam Standar Operasi (SOP) dan Tata Kerja (TK) serta komunikasi yang telah baku sesuai ketentuan yang berlaku.

Dimanakah Minat dan Bakat Mahasiswa Disalurkan

  1. Mapak Alam.
  2. Pramuka .
  3. Lingkung Seni Mahasiswa (LISMA) .
  4. DKM .
  5. KSR .
  6. KOM .
  7. Resimen Mahasiswa (Menwa) .
  8. Koperasi Mahasiswa .

Petunjuk Hidup Tentram Para Mahasiswa

  1. Berikanlah identitas KTP, Kartu Mahasiswa anda kepada ibu kost atau RT setempat.
  2. Jalankanlah syariat agama yang anda anut dengan taat dan sebaik-baiknya.
  3. Berikanlah alamat jelas diri kita dan orang terdekat yang dapat dihubungi termasuk dosen wali di perguruan tinggi kita.
  4. Hiduplah dengan toleransi antar sesama teman baik beda suku maupun beda agama .
  5. Ikutlah tata tertib dan etika yang berlaku dimanapun kita berada .
  6. Bilamana keluar rumah beritahukan anda hendak kemana dan berapa lama dengan alamat yang jelas, bawalah handphone agar mudah dihubungi.
  7. Memakai perhiasan seperlunya tidak perlu berlebihan .
  8. Simpan surat-surat berharga ada, tapi sebaiknya bila anda dari luar kota bawa copyannya saja yang telah dilegalisir .
  9. Bergabunglah dengan kelompok pengajian ibu-ibu atau bapak-bapak dimana anda tinggal .
  10. Beritahukan kabar anda kepada orang tua / wali anda bila ada masalah keluarga. Masalah akademik dan sosial dapat anda tanyakan pada dosen wali , kanselor jurusan dan kanselor universitas melalui UPT Bimbingan dan Konseling UNPAS melalui http://BK.Unpas.ac.id atau email de2nRAMDAN@yahoo.co.id atau telpon (022)4205832 .

Selamat berjuang , selamat belajar, ALLAH SWT senantiasa mengabulkan doa kalian. Amin .

Bandung, 1 Agustus 2015

Pimpinan UPT BK,

Universitas Pasundan

PROF.DR.H.ASEP SJAMSUL BACHRI, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × five =